Cara Mengkonfigurasi Nginx HTTP Authentication pada Ubuntu 14.04

Tuesday, March 1st, 2016 - Tutorial
Advertisement

cara menginstall nginxSelain apache, nginx merupakan software web server terkemuka. Bahkan banyak yang mulai berpindah dari apache ke nginx karena nginx mempunyai kelebihan dalam performa dan cukup handal untuk menangani beban yang lebih besar. Pada tutorial sebelumnya penulis sudah berbagi bagaimana cara menginstall nginx pada server ubuntu 14.04. Namun terkadang ada sebuah website yang ingin kita proteksi. Cara proteksi yang paling mudah dan sangat sederhana adalah dengan cara mengaktifkan dan mengkonfigurasi HTTP Basic Auth pada nginx itu sendiri.

Langkah yang paling pertama yang harus dilakukan adalah memasang Apache tools. Ya, cukup aneh kita punya nginx tapi memasang tools dari apache. HTTP Basic Auth ini memang menggunakan metode yang sama dengan apa yang sering kita dengar dengan htpasswd. Nah, kita akan menggunakan tools yang sama dengan apa yang kita ketahui bekerja pada Apache web server.

Langkah yang kedua adalah dengan membuat password atau kata kunci. Dalam contoh ini kita menggunakan /etc/nginx/.htpasswd dan username nya adalah nginx. Kita bisa mengganti file name, password dan username sesuai dengan kebutuhan kita sendiri.

Jika kita coba membuka filenya, maka akan berisi user dan password yang sudah dienkripsi

Langkah yang ke tiga adalah memasang konfigurasi HTTP Basic Auth pada server block atau virtual host yang kita inginkan. Bahasa sederhananya kita pilih mada website yang ingin kita amankan, kemudian kita konfigurasi. Dalam contoh ini penulis hanya akan mengubah default site pada sites-available

sudo service nginx reload

Kemudian coba dibuka web yang diamankan tadi. Maka akan muncul kotak dialog passwordnya. Semoga tutorial nginx ini bermanfaat.

Advertisement
Cara Mengkonfigurasi Nginx HTTP Authentication pada Ubuntu 14.04 | Jsmith | 4.5
Like Page Tutorlinux di Facebook
Leave a Reply