Laporan Lapangan, Ansible Jakarta Meetup ke 3

Tuesday, April 5th, 2016 - Updates
Advertisement

Ansible Jakarta Meetup #3 – Ansible meetup kali ini dilaksanakan pada hari sabtu, 2 april 2016 lalu. Bertempat di gedung Cyber 2, tepatnya di kantor PT. Cyberindo Aditama atau yang lebih familiar jika penulis menyebutkan CBN, ya CBN yang merupakan Internet Service Provider ternama di Indonesia. Pada meetup yang ke tiga ini, beberapa materinya memang hasil rembuk dengan para anggota. Sergei dan Michel Alexandre dari Traveloka masih menjadi pembicara “tetap” dan belum tergantikan ini membawakan materi yang cukup menarik.

Pada sesi pertama Sergei membawakan demo dan materi mengenai bagaimana cara menggunakan Ansible provisioner pada vagrant. Seperti yang pernah kita bahas pada tulisan sebelumnya, vagrant sangat bermanfaat untuk melakukan testing (sebagai testing box). Pembicaraan yang menarik ini membahas cara memprovision satu atau lebih vagrant dengan ansible playbook yang sudah dipersiapkan. Bahkan Sergei juga memberikan tips dan trik bagaimana agar provision vagrant yang berjumlah satu atau lebih secara bersamaan dan cepat.

Ansible Meetup #3 di PT. Cyberindo Aditama

Ansible Meetup #3 di PT. Cyberindo Aditama

Sesi ke dua giliran Michel, seorang DevOps Engineer dari Traveloka, membawakan materi berjudul Pull of Ansible. Topik ini lebih menarik lagi, karena topik ini adalah permintaan dari para peserta Ansible Jakarta Meetup sebelumya. Konteks utamanya lebih ke bagaimana cara untuk mengelola banyak workstations atau komputer dengan ansible. Ansible pull adalah salah satu solusi dari hal tersebut. Pada intinya ketimbang menunggu sang komputer menyala dan controller mengirimkan push changes ke mesin tersebut, alangkah baiknya jika kita menaruh skrip sederhana ansible pull untuk menarik perubahan. Topik yang bagus, Michel!

Whoa look that's meal

Whoa look that’s meal

Terimakasih dari penulis untuk PT. Cyberindo Aditama dan semua pembicara. Kalian semua, keren!

Jangan lupa untuk gabung ke Ansible Jakarta meetup ya http://www.meetup.com/Ansible-Jakarta, supaya kita bisa belajar ansible bersama komunitas.

 

Advertisement
Laporan Lapangan, Ansible Jakarta Meetup ke 3 | Jsmith | 4.5
Like Page Tutorlinux di Facebook
Leave a Reply