Menggunakan Python Virtualenv untuk Pengembangan Aplikasi

Wednesday, April 6th, 2016 - Pemrograman, Tips
Advertisement

Menggunakan Python Virtual Environment – Virtual environment sebuah cara atau tool untuk

menggunakan python virtualenv

menggunakan python virtualenv

menjaga hal hal yang dibutuhkan (requirement, dependencies) oleh sebuah proyek pengembangan aplikasi, yang berada pada lokasi yang berlainan. Katakan saja, kita mempunyai dua proyek python, yang satu menggunakan Django 1.6 dan satu lagi menggunakan Django 1.9 , hal ini memerlukan virtual environment agar dua proyek ini dapat berjalan bersamaan pada satu mesin.

Virtualenv akan membuat sebuah folder yang berisikan semua berkas executable yang diperlukan oleh proyek python. Cara memasangnya :

Penggunaan virtualenv

virtualenv myenv akan membuat sebuah folder myenv. Folder tersebut akan dibuat pada working directory tersebut. Isi dari folder tersebut adalah berkas executable yang dibutuhkan python, termasuk copy dari library lain yang diinstall via pip.

Jika anda mempunyai lebih dari satu jenis versi python (python interpreter), dapat juga dibuat lebih spesifik versi python tertentu untuk virtualenv tersebut :

Untuk mengaktifkan virtualenv, lakukan ini :

Sebagai tanda bahwa kita sedang menggunakan virtualenv tertentu adalah nama virtualenv yang muncul pada sisi kiri prompt : (myenv) computername:projectpath$

Lalu kita sudah dapat memasang requirement yang dibutuhkan oleh virtualenv terserbut.

Untuk mendeaktifkan virtualenv

Maka virtualenv akan terdisable

Jika kita ingin memasang virtualenv yang bersih dari paket yang terpasang secara global pada mesin dengan pip atau easyinstall, maka gunakan opsi –no-site-packages. Hal ini bermanfaat untuk menjaga agar lingkup virtualenv yang dikembangkan menjadi lebih bersih dan ringan, hanya memasang library yang dibutuhkan saja. Ide yang baik adalah membuat lingkup pengembangan menjadi statis dan konsisten. Dapat menggunakan perintah pip freeze > requirement.txt  lalu pengguna lain dapat menggunakan virtualenv dan memasang library dengan cara pip install -r requirement.txt

 

Incoming search terms:

  • belajar pip python
  • cara enggunakan virtualenv di windows
Advertisement
Menggunakan Python Virtualenv untuk Pengembangan Aplikasi | Jsmith | 4.5
Like Page Tutorlinux di Facebook
Leave a Reply