Tips Konfigurasi Multiple Machine Pada Vagrant

Saturday, February 13th, 2016 - Tips, Tutorial
Advertisement

virtual host pada nginxKali ini kita akan membahas bagaimana cara mengkonfigurasi vagrant untuk multiple machine. Yang dimaksud dengan multiple machine di sini adalah menggunakan lebih dari satu virtual machine atau mesin virtual pada satu konfigurasi vagrant (baca: satu vagrantfile). Hal ini dibutuhkan mengingat terkadang ada skenario di mana fungsi web stack tidak digabungkan menjadi satu. Misalnya web server sendiri, kemudian secara terpisah ada database server, ada juga cache server, load balancer dan sebagainya. Nah untuk keperluan itu, diperlukan lebih dari satu mesin virtual untuk melakukan replikasi atau mereproduksi konsep mikro servis seperti ini. Tentunya penulis berusaha memberikan penjelasan agar tutorial linux online ini mudah dipahami oleh pemula, seperti penulis sendiri.

Langkah yang paling pertama adalah memasang Vagrant terlebih dahulu. Tentang bagaimana cara memasang atau install vagrant, penulis sudah membahasnya di artikel mengenai tutorial cara pemasangan atau install vagrant pada linux sebelumnya. Silakan mengikuti proses demi proses hingga akhirnya vagrant dan segala macam dependencies nya sudah terpasang dan bekerja dengan baik pada mesin linux.

Jika pada artikel tersebut penulis mengkonfigurasi sebuah Vagrantfile menjadi seperti ini :

maka pada pembahasan kali ini penulis akan mencoba membuat 3 mesin linux sekaligus. Kita berskenario ingin membuat 3 mesin virtual pada satu vagrantfile, yakni mesin web, database dan cache.

Nah, untuk konfigurasinya kurang lebih akan menjadi seperti ini :

Pada konfigurasi di atas dapat dilihat bahwa ada 3 mesin yang didefinisikan sebagai web, db , cachenah masing masing mesin virtual ini sebenarnya juga dapat dibeda-bedakan OS nya. Misalnya web menggunakan centos, db menggunakan ubuntu dan cache menggunakan opensuse. Menjadi seperti ini :

Untuk melihat status :

maka anda akan menemukan daftar vagrant yang sudah dibuat. untuk menyalakan semua tinggal lakukan vagrant up  , jika ingin satu persatu misalnya web nya, ketikkan vagrant up web 

Nah, mudah bukan. Tutorial linux mengenai vagrant ini memang ditujukan untuk pemula, semoga membantu.

Advertisement
Tips Konfigurasi Multiple Machine Pada Vagrant | Jsmith | 4.5
Like Page Tutorlinux di Facebook
Leave a Reply