Tips Mengambil Sertifikasi Linux Secara Tepat

Saturday, March 19th, 2016 - Tips
Advertisement
tips serfikat linux gratis

tips serfikat linux gratis

Kali ini penulis akan membahas hal yang lebih ringan, yaitu tips mengambil sertifikasi linux secara tepat. Seperti yang kita tahu, Linux merupakan sistem operasi yang dipergunakan hampir di sebagian besar server dan perangkat komputer di dunia. Jika mengacu kepada beberapa survey seperti Gartner dan berbagai publikasi terkemuka lainnya, sudah barang tentu, linux termasuk sistem operasi yang terbaik dan diakui oleh dunia profesional mampu mengatasi berbagai masalah yang ada di sistem operasi lain. Hal ini memungkinkan banyaknya lowongan pekerjaan untuk seorang ahli linux. Ahli dalam dunia pekerjaan dapat dibuktikan dengan dua hal, pengalaman dan sertifikat. Sertifikat merupakan hal yang menjadi penting karena dapat menjadi pengakuan terhadap segala keahlian yang dimiliki oleh seorang profesional.

You are educated. Your certification is in your degree. You may think of it as the ticket to the good life. Let me ask you to think of an alternative. Think of it as your ticket to change the world. ~ Tom Brokaw

Seperti pada quote di atas yang dikemukakan Tom Brokaw, seorang jurnalis dan pimpinan sebuah media ternama di Amerika Serikat, NBC. Sertifikat dapat menjadi bukti dari tingkatan seseorang pada dunia keprofesionalitasannya. Menunjukkan tingkat tertentu dan sebagai sebuah pintu pembuka untuk berkarya lebih lagi. Pada dunia profesional di bidang linux, ada beberapa jenis sertifikasi. Seperti sertifikasi keahlian database misalnya MySQL yang dikeluarkan oleh Oracle. Pada sistem operasi dan turunannya misalnya Red Hat Certified Engineer, dan tingkatannya. Begitu pula pada sertifikasi yang diadakan oleh Linux Foundation. Sertifikasi tersebut menentukan spesifikasi keahlian seseorang yang tergambar pada apa yang ingin dia kuasai lebih dalam. Jenis sertifikasi seperti ini mampu menyokong masa depan tentunya membantu (bukan menjamin) seorang profesional untuk menemukan kesuksesan di karirnya.

Di Indonesia sendiri, tidak terlalu banyak organisasi yang menyelenggarakan sertifikasi linux. Tentunya sertifikasi linux ini mengharuskan setiap organisasi yang menyelenggarakannya untuk bekerja sama dengan perusahaan yang mempunyai hak untuk mengeluarkan sertifikat tersebut. Misalnya sertifikasi CompTIA. CompTIA mempunyai sertifikasi untuk profesional Linux dengan nama CompTIA Linux+. Lalu Red Hat sendiri mengeluarkan jalur sertifikasi yaitu Red Hat Certified System Administration, dan jenjang di atasnya seperti Red Hat Certified Engineer, Red Hat Certified Architect. Bahkan Red Hat menyediakan sertifikasi yang spesifik seperti untuk Cloud Engineer, JBoss dan lain sebagainya. Tentunya kita bertanya apakah sertifikat linux ini gratis. Training linux gratis dan sertifikasi linux gratis memang sulit ditemukan. Beberapa di antaranya justru membuat tabungan di rekening kita kebakaran, tapi tidak sedikit perusahaan yang menyediakan sertifikasi linux untuk karyawan secara gratis.

red hat certification path

red hat certification path

Beberapa organisasi menyediakan training dan sertifikat linux dengan harga yang murah dan cukup terjangkau. Biasanya organisasi ini berafiliasi dengan dunia pendidikan secara langsung. Sedangkan untuk kelas profesional biaya yang dikeluarkan cukup tinggi dan sangat bervariasi, dari jutaan hingga puluhan juta rupiah. Namun sebagian besar di antaranya tidak takut mengeluarkan biaya yang besar untuk kemajuan dan lebih mendalami bidang profesi yang digelutinya. Taking all deeper adalah semboyan seorang profesional linux untuk mengetahui lebih dalam lagi. Agar tidak tersesat saat mengambil sertifikasi, mari kita ikuti tips yang cukup singkat ini.

Yang paling pertama adalah perhatikan karir yang kita pilih. Semisalnya kita bekerja sebagai seorang administrator, yang pasti kita akan mengambil sertifikasi linux untuk system administrator. Hal ini mempermudah kita untuk memahami training dan ujian sertifikasi linux yang akan kita kerjakan. Lalu tentunya mendukung pekerjaan dan level profesi kita di tempat pekerjaan. Hal yang sama berlaku untuk profesi pekerjaan IT yang lain. Semisal untuk seorang DevOps atau pun seorang database administrator. Banyaknya lowongan IT yang mencari seorang system administrator dan dibanding dengan banyaknya peminat pula, maka sertifikasi akan memberikan nilai yang sangat signifikan untuk kita. Mempelajari hal baru juga merupakan hal yang menantang, namun harus disertai pertimbangan mengingat biaya sertifikat linux tidak murah juga, terutama sertifikat dari perusahaan terkemuka seperti Suse, Red Hat dan sebagainya.

Yang berikutnya (terutama untuk pemula atau fresh graduate), melihat tren dari teknologi yang sedang dipakai dan sering digunakan oleh perusahaan. Banyak sekali dari contoh di lapangan soal tren dari teknologi yang sedang hype atau banyak perusahaan yang sedang mempergunakannya. Misalnya teknologi web server tertentu, cache cluster seperti redis, memcached, database dan sebagainya. Seorang yang jeli melihat peluang dan tren di masa depan akan secara cerdik mengambil sertifikasi secara tepat mengikuti tren yang sedang berlangsung. Seperti yang kita tahu, dalam teknologi tidak ada sesuatu hal di dalamnya yang berjalan di tempat. Semua bergerak sesuai dengan tren yang ada. Maka dari itu tidak ada salahnya mempelajari dan mendalami sesuatu yang besar kemungkinan banyak dicari oleh perusahaan.

Begitulah kira – kira tips untuk mengambil sertifikat linux dengan cara yang tepat dan cermat. Mempertimbakan banyak hal dan tentunya harus mampu melihat ke depan di mana posisi kita akan bertempat. Namun lebih dari pada itu, sertifikat hanyalah sebuah pintu dan salah satu bukti dari profesionalitas, selebihnya yang pasti kita juga harus memperhatikan aspek lain untuk meningkatkan kemampuan dan karir, seperti sikap, kepribadian dan disiplin. Dengan hal tersebut pastinya masa depan akan jadi lebih baik. Selamat berkarya!

 

Incoming search terms:

  • sertifikasi linux
  • sertifikat linux
  • peluang kerja kalau kita belajar linux
  • melihat sertifikat pada linux
  • melihat sertifikasi pada linux
  • khursus sysadmin murah
  • cara mengambil kembali server administrator linux yang di curi
  • cara mendapatkan sertifikat linux
  • belajar redhat
  • ujian sertifikasi linux
Advertisement
Tips Mengambil Sertifikasi Linux Secara Tepat | Jsmith | 4.5
Like Page Tutorlinux di Facebook
Leave a Reply