Tips Menjalankan Command Linux Setiap Beberapa Detik

Monday, April 4th, 2016 - Tips
Advertisement

Pada kasus tertentu, seorang sysadmin harus mampu mengeksekusi command linux untuk dijalankan setiap x detik. Di mana x adalah angka yang pasti dan biasanya di bawah 60 detik yang sebenarnya sudah bisa ditangani oleh cron. Biasanya hal ini dilakukan untuk memonitor sebuah proses yang hanya berlangsung sementara. Misalnya memonitor proses penyalinan berkas atau folder, memonitor uptime sejenak, dan lain hal sebagainya.

Pada artikel kali ini, kita akan sama – sama belajar, bagaimana cara untuk menjalankan command linux setiap beberapa detik, di mana bertujuan untuk monitoring sesuatu proses yang sedang berjalan.

Yang pertama adalah menggunakan command watch pada Linux

Watch pada linux secara default akan dijalankan setiap 2 detik. Namun kita juga dapat melakukan perubahan nilai periodik ini menjadi x detik yang lain. Misalnya 0.2 detik, 1 detik atau 10 detik.

untuk keluar dari perintah watch, tekan Ctrl – c

Berikutnya adalah menggunakan command sleep pada Linux

Sleep sering digunakan pada command atau skrip shell dengan berbagai keperluan. Biasanya sleep dikombinasikan dengan iterasi atau fungsi looping. For loop misalnya.

atau pada contoh dengan while

Tips ini memang sangat berguna untuk keperluan menjalankan skrip atau perintah tertentu selama beberapa detik, tapi tentu saja tidak untuk menggantikan cron. Karena cron pasti akan dijalankan setiap kali reboot dan pendekatan pada tips ini lebih kepada monitoring sementara pada level user session.

Incoming search terms:

  • cara menjalankan script otomatis di linux setiap detik
  • keluar dari perintah while pada linux
Advertisement
Tips Menjalankan Command Linux Setiap Beberapa Detik | Jsmith | 4.5
Like Page Tutorlinux di Facebook
Leave a Reply