Tutorial Cara Install LAMP Stack (Apache, MySQL dan PHP) di Ubuntu 14.04

Monday, April 13th, 2015 - Tutorial
Advertisement

LAMP Stack, atau Linux Apache MySQL and PHP merupakan sebuah paket komponen software open source yang biasa diinstall pada sebuah server web. Apache sendiri merupakan software open source untuk web server dengan penggunaan terbanyak di dunia. Sedangkan MySQL sendiri merupakan software DBMS ternama dan terlaris di dunia, karena selain gratis, MySQL menawarkan fitur yang baik dan cukup lengkap untuk pengembang web. Tutorial pertama di tutorlinux ini akan membahas bagaimana cara memasang dan mengkonfigurasi Apache, MySQL dan PHP pada mesin dengan Ubuntu versi 14.04 di dalamnya.

Instalasi Apache

Seperti yang penulis ungkap di atas, Apache merupakan web server yang sangat populer di dunia, dan memilih Apache merupakan pilihan tepat untuk web server kita. Kita bisa menginstal Apache dengan mudah. Cukup menggunakan Ubuntu Package Manager (apt). Untuk awal segera perbaharui repository Ubuntu kita.

Kita akan ditanyai password karena kita menggunakan perintah sudo. Dan setelah itu, apache sudah terpasang pada mesin Ubuntu 14.04 kita. Kita bisa mengecek dengan cara mengakses web server yang sudah diinstall melalui web browser (Google Chrome, Mozilla Firefox dan sebagainya).

http://server_ip_address_ubuntu

Jika berhasil, maka kita akan mendapatkan tampilan default Ubuntu 14.04 Apache web page, yang berisikan informasi untuk kepentingan testing.

Tutorial Install Apache di Ubuntu Linux

Lalu bagaimana cara mengecek ip address. Cukup ketikkan ipconfig di terminal.

Instalasi MySQL

Setelah memasang Apache, kini saatnya memasang dan mengkonfigurasi MySQL. MySQL sendiri adalah DBMS atau database management system yang sangat mudah untuk dipergunakan dan didukung penuh oleh Oracle sebagai pemilik MySQL. MySQL akan menjadi tempat untuk menaruh data data web yang kita perlukan dan diakses oleh skrip PHP untuk diolah atau ditampilkan ke laman web.

Seperti biasa, kita akan menggunakan apt untuk memasang MySQL.

Selama penginstalan, Ubuntu Server akan menanyai kita password untuk user “root” MySQL. Perlu diketahui user root ini berbeda dengan user root pada sistem operasi Linux UBuntu kita. Jadi ada baiknya password untuk root MySQL tidak disamakan dengan password root Linux. Seperti di Linux, root pada MySQL adalah pengguna dengan level tertinggi atau administrator.

Kita juga bisa menjalankan skrip untuk keamanan MySQL, skrip ini akan menghapus beberapa konfigurasi default yang kurang aman.

Instalasi PHP

Setelah Apache dan MySQL yang berfungsi sebagai server service, kini saatnya memasang PHP. PHP adalah pemroses kode pemrograman web yang digunakan untuk menampilkan konten secara dinamis pada laman web. PHP akan mengkoneksikan skrip dengan MySQL, dan PHP kemudian dapat mengolah data pada MySQL, menampilkan data sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Kita dapat menggunakan Ubuntu Package Manager

Dengan konfigurasi bawaan apache, maka apache akan terlebih dahulu membaca index.html ketimbang index.php. Ini disebut dengan fungsi directory index. Kita dapat mengubahnya dengan mengedit file dir.conf (dengan root privileges) :

sudo nano /etc/apache2/mods-enabled/dir.conf

Menjadi seperti ini :

Tekan CTRL + X kemudian tekan Y dan pencet Enter untuk menyimpan. Kemudian jangan lupa untuk merestart apache :

Langkah berikutnya kita bisa mengetes PHP di web server Ubuntu dengan membuat skrip sederhana.

sudo nano /var/www/html/info.php

Kemudian ketikkan :

Kemudian simpan. Dan coba tes dengan mengakses http://ip_server_ubuntu/info.php

Dan halaman ini akan muncul seperti gambar di bawah :

phpinfo

phpinfo

Selanjutnya kita dapat menaruh skrip web kita, atau memasang Content Management System seperti Jomla, WordPress, Drupal dan sebagainya.

Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara setting apache2 di kali linux
  • konfigurasi lamp server di ubuntu 14 04
  • instalasi dan konfigurasi apache php dan mysql
  • Cara Test install web
  • cara setting mysql di kali linux
  • cara menginstal paket program php 5
  • cara imstall lamp
  • belajar php ubuntu 14 04 lts
  • belajar lamp stark di linux
  • belajar lamp di linux
Advertisement
Tutorial Cara Install LAMP Stack (Apache, MySQL dan PHP) di Ubuntu 14.04 | Jsmith | 4.5
Like Page Tutorlinux di Facebook
Leave a Reply