Tutorial Cara Install Lighttpd Pada Ubuntu 16.04 LTS (Xenial Xerus)

Friday, January 6th, 2017 - Tutorial
Advertisement

Pada tutorial kali ini kita akan membahas cara memasang atau menginstall webserver lighttpd pada Ubuntu 16.04 LTS Xenial Xerus.  Lighttpd ini sangat disukai beberapa pengembang perangkat lunak berbasis web, sistem administrator atau bahkan pemula. Lighttpd disukai karena menyediakan kemampuan melayani traffic web yang tinggi dengan penggunaan resource CPU dan RAM yang cukup rendah. Lighttpd diklaim oleh penggunanya lebih ringan ketimbang Apache Httpd. Bahkan kabarnya raksasa penyedia aplikasi pesan instan, WhatsApp turut serta menggunakan Lighttpd juga. Tidak lupa xkcd juga merupakan pengguna Lighttpd ini.

Sebelum memulai tutorial ini, jika ingin mengimplementasikan langkah pada tutorial ini pada cloud VPS atau instance (VM) yang terhubung pada internet secara langsung (internet facing ethernet), kami menyarankan untuk mengamankan server terlebih dahulu. Setidaknya memasang UFW atau IPTables yang dikonfigurasi sebagai Firewall di depan stacks linux. Kemudian sedikit melakukan perubahan pada SSH dengan cara mengamankan SSH akses dengan kunci (key). Beberapa summary diantaranya tersedia di tutorial cara setup server linux pertama kali di sini.

Langkah pertama lakukan update paket linux dan upgrade:

sedikit catatan pada Xenial Xerus. APT sudah dikembangkan menjadi lebih sederhana. Selain itu mereka mengembangkan performa aplikasi manajemen paket ini. Jangan heran jika kami menulisnya sebagai apt  saja, tapi apt-get  juga masih bisa dipergunakan.

Install Lighttpd

Untuk memasang Lighttpd dari repository Ubuntu lakukan hal ini :

Setelah proses instalasi selesai, coba buka browser dan akses webserver dari lokasi lain. http://ip_dari_webserver_anda

Sebagai catatan, jika anda sebelumnya telah memasang webserver lain yang menggunakan port 80, maka sangat disarankan untuk mengganti port default tersebut terlebih dahulu, atau mengkonfigurasi  Lighttpd agar listen port pada port selain 80 sehingga tidak bentrok.

Jika tidak ada kendala, maka web browser anda akan menampilkan halaman indeks default milik Lighttpd. Halaman yang juga berisi informasi penting, di antaranya :

  • Konfigurasi terletak pada file /etc/lighttpd/
  • Default “DocumentRoot” atau tempat di mana file HTML disimpan agar dapat diakses via webserver berada di /var/www
  • Ubuntu menyediakan helper scripts untuk meng-enable – disable modul dari lighttpd tanpa mengubah konfigurasi : lighty-enable-mod dan lighty-disable-mod

Mengkonfigurasi Lighttpd

Seperti keterangan di atas, konfigurasi utama dari lighttpd terletak di /etc/lighttpd/lighttpd.conf . File ini berisi daftar server module yang akan di load. hampir mirip seperti konfigurasi module di Apache. Direktif pertama di konfigurasi ini adalah server.modules yang  berisi daftar module yang di-load setiap kali service lighttpd di restart atau di start.  Untuk disable – enable module tinggal menambahkan tanda pagar (#) pada baris yang akan di-disable atau hilangkan tanda pagar pada baris yang akan diaktifkan.

Kemudian berikut ini adalah konfigurasi server performance :

  • server.max-connection : menentukan banyaknya koneksi pada waktu bersamaan (concurrent connection)
  • server.max-keep-alive-requests : menentukan nilai maksimum request yang ingin dibiarkan hidup sebelum koneksi diputus server.
  • server.max-worker : jumlah worker proses yang di-spawn – bisa dicek pada top
  • server.bind : pada IP address atau hostname, atau path socket mana webserver akan listen. Secara default akan listen pada semua interfaces.

Semua konfigurasi sangat bergantung pada module tertentu. Misalkan saja url.rewrite ini sangat tergantung mod_rewrite. Walau bagaimanapun untuk kemudahan penggunaan, sebagian besar dari modul punya konfigurasi masing – masing. Dan ini dapat di aktif atau nonaktifkan (enable – disable) dari CLI ketimbang harus mengubah konfigurasi pada file.

Untuk hal ini mudah saja, tinggal jalankan ini : (contoh module auth)

Perintah di atas akan membuat shortcut atau symlink pada /etc/lighttpd/conf-enabled  yang mana symlink ini akan dibaca oleh skrip konfigurasi utama (lighttpd.conf) sehingga module akan aktif. Untuk mengubah konfigurasi module dapat dilakukan di sini /etc/lighttpd/conf-available

Lalu banyak lagi modul yang tersedia dan terpisah dari paket yang ada di Ubuntu.

  • lighttpd-mod-mysql-vhost : mengatur virtual hosts menggunakan database MySQL. Module ini sangat berguna ketika kita mengatur banyak virtual hosts.
  • lighttpd-mod-webdav : mendukung ekstensi WebDAV
  • lighttpd-mod-magnet : mengontrol module yang menangani request dari user

Untuk merestart lighttpd :

Untuk dokumentasi modul yang lebih komprehensif dan lengkap sila ke mari : redmine.lighttpd.net Demikian tutorial singkat mengawali post pertama kami di tahun 2017! Semangat!

Incoming search terms:

  • cara mengenkripsi file di ubuntu 16 04 lts
Advertisement
Tutorial Cara Install Lighttpd Pada Ubuntu 16.04 LTS (Xenial Xerus) | Jsmith | 4.5
Like Page Tutorlinux di Facebook
Leave a Reply