Tutorial Cara Membuat Sertifikat SSL (SSL Certificate) pada Apache

Tuesday, April 14th, 2015 - Tutorial
Advertisement

tutorial apacheTutorial cara membuat dan mengkonfigurasi sertifikat SSL atau SSL certificate pada Apache kali ini masih akan dipraktekan pada Ubuntu 14.04. Apache merupakan web server open source yang dikembangkan oleh Apache Foundation, dan telah berhasil diimplementasikan pada hampir sebagian besar web server di seluruh dunia. Protokol HTTP dengan port 80 sudah sangat umum. Kendalanya, pada protokol ini, transaksi data tidak dienkrip. Hal ini menyebabkan protokol HTTP dapat menjadi celah keamanan pada suatu sistem. Untuk itulah, penulis membuat sebuah Tutorial cara membuat sertifikat SSL pada APache dengan Ubuntu 14.04 sebagai sistem operasi. Hal ini dikarenakan protokol HTTPs dapat mengenkripsi data yang ditransaksikan pada protokol ini. Https sendiri menggunakan port 443.

SSL Certificate atau sertifikat SSL sendiri merupakan sebuah metode untuk mengenkripsi data yang lalu lalang pada sebuah situs atau host (karena tidak hanya dipakai untuk protokol Https saja), sehingga membuat tingkat keamanan pada transaksi data tersebut menjadi lebih meningkat. Sertifikat SSL juga dapat menampilkan identitas si penyedia layanan, hal ini dapat meyakinkan pengguna agar membuka dan bertransaksi data pada host atau site yang benar.

Untuk melakukan langkah – langkah berikut ini, anda diharuskan mempunyai akun pengguna atau user yang memiliki hak administratif atau minimal masuk dalam sudoers. Jika anda belum memasang apache, maka jalankan perintah berikut ini :

Kemudian aktifkan atau enable modul SSL pada apache.

Lanjutkan dengan merestart apache.

Langkah berikutnya, buatlah sebuah direktori. Pada direktori ini kita akan menyimpan key dan certificate SSL yang kita akan gunakan nantinya.

Lalu kita akan membuat sebuah sertifikat SSL yang kita sign sendiri. Pada saat melakukan langkah ini, kita dapat mengeset kapan sertifikat ini akan expired atau kadaluarsa. Anda dapat mengubah angka 365 yang menunjukkan berapa hari sertifikat ini akan berlaku. Berikut perintah (command) membuat sertifikat SSL:

Dengan command di atas kita sudah membuat SSL certificate yang kita sign sendiri beserta key nya untuk melindungi sertifikat tersebut. Command ini akan meminta anda untuk mengisikan data – data. Yang paling penting diisi adalah Common Name.

Langkah berikutnya, kita akan mengkonfigurasi SSL Certificate. Kita buka SSL config file :

Cari bagian yang dimulai dengan <VirtualHost_default:443>, kemudian tambahkan line berikut ini :

Gantilah domainsaya.com ini dengan hostname atau domain yang sudah terdaftar atau yang ingin anda gunakan. Jika ini adalah server lokal, IP address juga bisa digunakan untuk mengganti domainsaya.com. Lalu temukan tiga baris config ini dan sesuaikan dengan letak atau path file sertifikat dan key tadi :

Jangan lupa disimpan ya ūüôā . Lalu aktifkan virtual host tadi yang sudah kita buat.

sudo a2ensite default-ssl

Anda jangan lupa untuk membuka port 443 pada firewall linux Ubuntu ini. Kemudian langkah pamungkasnya adalah merestart service apache2.

Demikianlah Tutorial Cara Membuat SSL Certificate pada Apache Ubuntu 14.04. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • caranya membuat file atau sertifikat website
  • tutorial membuat setifikat server
  • membuat CA sertifikat digital debian
  • Dork membuat server sertifikat
  • cara sertifikat ss
  • cara membuat sertifikat ssl yang sudah kadaluarsa
  • cara membuat 2 virtual host 443 debian
  • cara memberi sertifikat pada web server debian
  • cara install certificate web linux
  • cara aktifkan https ubntu 16 10
Advertisement
Tutorial Cara Membuat Sertifikat SSL (SSL Certificate) pada Apache | Jsmith | 4.5
Like Page Tutorlinux di Facebook
Leave a Reply