Tutorial Setting Awal Server Linux Pada Ubuntu Server 14.04

Saturday, April 18th, 2015 - Tutorial
Advertisement

Tutorial setting awal server linux pada Ubuntu 14.04. Setelah selesai instalasi Ubuntu server 14.04, kita bisa melakukan pengaturan awal yang penting dikerjakan, terutama pada server cloud atau yang berjalan dan dipublish ke umum via internet dan lainnya. Intinya, kita harus melakukan setup ini mengingat pentingnya menjaga keamanan dan menghindari setting default yang mudah ditebak orang lain.

Membuat User Baru

Setelah anda menginstalasi linux, jangan lupa untuk menambahkan user baru. Gunakan perintah di bawah ini:

Gantilah namauserbaru di atas dengan nama user yang anda kehendaki. Anda akan ditanyai beberapa pertanyaan serta password. Jangan lupa memasukkan password dengan kompleksitas yang baik dan aman. Gunakan kombinasi huruf kapital dan huruf kecil, sertakan angka dan karakter khusus.

Jika diperlukan, tambahkan user baru kedalam grup administratif. Pada linux, anda bisa memasukan user baru ini kedalam grup sudo. Secara default, pada Ubuntu 14.04, user yang termasuk dalam grup sudo dapat mengeksekusi perintah atau command administratif dengan diawali perintah sudo. Masukkan user baru ke dalam sudoers pada login root :

Membuat Public Key Authentication

Langkah berikutnya adalah meningkatkan keamanan pada server dengan menambahkan public key authentication. Ini diperlukan untuk mengamankan server dengan mewajibkan private key pada saat akan login menggunakan remote SSH. Yang pertama harus dilakukan adalah men-generate Key Pair

Diasumsikan local user bernama namauserbaru, maka kamu akan melihat hasil sebagaiberikut :

Tekan ENTER untuk mengkonfirmasi nama file dan path. Lalu anda akna ditanyai passphrase untuk mengamankan key tersebut. Anda juga bisa tak memasukkan passphrase, namun lebih baik anda masukkan passphrase demi alasan keamanan. Lalu id_rsa (private key) dan id_rsa.pub (public key) akan digenerate pada folder .ssh di home user tersebut. Private key ini jangan dibagikan, dishare kepada pengguna lain.

Lalu copy isi di dalam id_rsa.pub.

Lalu copy isinya. Kira kira seperti ini :

Konfigurasi SSH

Langkah berikutnya adalah mengkonfigurasi SSH server. Buka file konfigurasi dengan perintah berikut :

Lalu ubah SSH port default. Misalnya dari port 22 menjadi port 2125. Yang terpenting adalah port baru tidak boleh port yang sudah umum dan sudah digunakan, sehingga terjadi bentrok dan mengakibatkan gagalnya komunikasi.

menjadi

Lalu restrict root login via ssh. Temukan PermitRootLogin. Ubah dari yes menjadi no.

Setelah selesai, restart service ssh

Semoga bermanfaat

Incoming search terms:

  • cara menggunakan ubuntu server
  • belajar server di ubuntu
  • Cara buat server ubuntu sysrat
  • Belajar linux
  • car setting sevr mengnakan llinux
  • belakar ubuntu server
  • tutorial ubuntu server buat koneksi
  • belajar sever awal
  • belajar setting server ubuntu
  • belajar setting linux server
Advertisement
Tutorial Setting Awal Server Linux Pada Ubuntu Server 14.04 | Jsmith | 4.5
Like Page Tutorlinux di Facebook
Leave a Reply