Tutorial SSL Certificate Gratis dari Let’s Encrypt

Saturday, February 20th, 2016 - Tutorial
Advertisement

Let's Encrypt. Sertifikat SSL gratis untuk semuaPada postingan kali ini penulis ingin mengajak segenap warga linux untuk menggunakan SSL gratisan dari Let’s Encrypt. Apa sih SSL Certificate dan apa kegunaannya? Untuk kegunaan SSL Certificate sebenarnya sudah pernah penulis bahas pada postingan sebelumnya yang membahas bagaimana cara memasang sertifikat SSL pada apache. Lalu apa itu Let’s Encrypt? Let’s Encrypt adalah sebuah certificate authority yang menyediakan sertifikat SSL gratis untuk umum. Let’s Encrypt sendiri merupakan proyek luar biasa yang digagas oleh ISRG. Untuk lebih detail apa itu Let’s Encrypt, mungkin dapat dibaca di sini : https://letsencrypt.org/about/ Nah sekarang bagaimana cara pemasangan atau konfigurasi Let’s Encrypt ini? Lalu bagaimana cara kita mendapatkan sertifikat SSL yang gratis ini? Kalau soal gratisan, pengguna linux sudah sangat akrab dengan kata ini 🙂

Untuk pemasangan ini kita hanya membutuhkan git saja. Untuk pemasangan git caranya sebagai berikut :

Lalu clone proyek ini dari github dan taruh di opt

Lalu ini caranya mendapatkan SSL  certificate secara gratis nya 🙂

Nah domainkamu.com dapat kita ganti dengan domain yang kita inginkan. Jangan lupa pada petunjuk ini, penulis berasumsi ini semua dilakukan pada server yang sudah menggunakan domain (A record) dan live terkoneksi ke internet dunia. Karena sebenarnya letsencrypt akan memverifikasi apakah benar anda pemilik domain yang benar.

Kita juga dapat melakukan eksekusi pengambilan sertifikat gratis ini untuk lebih dari satu domain. Caranya :

Sangat mudah bukan. Namun bagaimana kalau server kita bukanlah apache. Dengan asumsi kita menggunakan web server lain seperti nginx, dan sebagainya, maka alangkah baiknya mematikan sejenak port 80 dan membiarkan port 80 tersebut dilisten oleh letsencrypt :

Karena letsencrypt ini harus diperpanjang selama 3 bulan sekali, maka ada pentingnya buat kita untuk membuat renewal otomatis. Caranya sebagai berikut :

./letsencrypt-auto certonly –apache –renew-by-default -d domainkamu.com

atau kamu bisa menggunakan script dari http://do.co/le-renew caranya :

lalu masukkan dalam crontab

isi kan ini pada crontab

Log dapat dilihat di /var/log/le-renew.log

Sangat mudah mendapatkan SSL Certificate secara gratis kan.

Incoming search terms:

  • apa kegunaan encrypt sertifikat
  • cara pasang lets encrypt pada du domain
Advertisement
Tutorial SSL Certificate Gratis dari Let’s Encrypt | Jsmith | 4.5
Like Page Tutorlinux di Facebook
Leave a Reply